terusik kenangan Bapak

saya tumbuh dalam situasi yang membuat benci kepada ayah sendiri adalah pilihan paling rasional untuk dilakukan. “Bapak”; saya memanggil beliau. menurut saya yang belum dewasa, Bapak kala itu adalah orang yang aneh. anomali dari dunia yang saya ketahui. ia berbicara tanpa saringan. ia membentak seperti tidak pernah duduk bareng dengan sopan santun. ia memukul saat semua berlari di luar batas. tentu takaran penilaian di luar batas akan selalu ambigu. hanya ia dan Tuhan yang boleh tahu. di luar ini semua, Bapak adalah muslim yang taat. Bapak hobi menyantap kitab-kitab. yang membikin pengetahuan ia di bidang agama selalu memiliki referensi-referensi utuh.

namun simpan sisi ini untuk cerita di lain hari ‘ karena ada satu memori yang tiba-tiba mengusik saat hendak berangkat tidur tadi.

suatu hari Bapak pernah terganggu saat rumah ibadah di dekat rumah membunyikan lantunan ayat-ayat dengan volume yang sulit untuk ditoleransi. Bapak kala itu menegur pengurus rumah ibadah untuk memelankan suara-suara tadi. namun respon yang Bapak dapat justru tidak sesuai apa yang ia harapkan. Bapak dicap tidak pro kepercayaan tertentu. kemudian Bapak menjadi bahan gunjingan lingkungan sosial.

pada saat itu saya tentu malu. dampak kejadian itu mau tidak mau imbas ke orang-orang terdekat Bapak. saya memendam segunung kekesalan kepada Bapak.

namun sekarang saya sudah tidak. malah kalau Bapak masih bisa menerima apa yang hendak saya sampaikan sekarang, semoga bisa membuat Bapak senang.

kudos! Pak. i should’ve been proud of you. anyway, i am now! 

tabik, Pak. semoga bahagia di dimensi seberang.

4 thoughts on “terusik kenangan Bapak

  1. It’s amazing how time brings new meaning to every encounter we met and every happening we experienced in the past. Your dad seemed like one of a kind.

  2. saya juga sering teringat bapak, dan tak jarang baru bisa memahami sikap dan perkataannya bertahun-tahun kemudian, setelah kepergiannya.

Bubuhkan Komentar (Put a Thought)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s