Tajuk Rencana

 

Diambil dari hasil pencarian gambar di google dengan kata kunci: Plan.
Diambil dari hasil pencarian gambar di google dengan kata kunci: Plan.

 

Pada saat membaca ini, di balik layar baru saja terjadi kejadian si penulis diam selama dua menit, tanpa gumam dan tanpa gerak, alih-alih mengalami bingung harus membuka tulisan dengan metode (?) macam apa. Jadi cukup begini saja, ya. Harap maklum sudah lama sekali tidak menulis. Oh, selamat Idul Fitri sebelumnya. Mohon maaf bila saya pernah berbuat salah yang tidak disengaja, yang disengaja tidak perlu dimaafkan tidak apa-apa. Saya ikhlas.

Omong-omong, dalam dunia dewasa yang semakin sulit ini, saya pribadi sebagai manusia sering mengalami banyak hal yang menuntut untuk dibuatkan rencana secara terperinci. Sebagai orang yang senang dengan detail, saya pribadi ya senang-senang saja. Meskipun dalam beberapa kasus, semua tidak pernah berjalan seratus persen mulus seperti apa yang sudah saya perkirakan. Misal saat kemarin saat saya menjadi MC gathering (cie) di kampus, sudah saya perkirakan tiap-tiap rinci acara, apa yang ingin saya bicarakan, apa yang tidak harus saya bicarakan, dsb. Di tengah-tengah acara, ada saja hal-hal yang tidak terduga malah terjadi. Banyak dari susunan acara yang telah dibuat, mengalami belum siap di tengah-tengah. Hal ini membawa dampak ke siapa lagi kalau bukan saya. Saya–terpaksa–perlu bersosialisasi lebih lama dengan manusia-manusia di hadapan saya, yang mana hal ini tidak membawa banyak kesukaan terhadap saya. Banyak hal lain yang serupa menimpa ketika saya kadung membuat banyak detail di dalam sebuah tajuk rencana.

Saya coba mengira-ngira kenapa yang demikian sering terjadi di kehidupan ini. Tapi tidak pernah saya dapat jawaban memuaskan. Paling-paling, perkataan teman saya satu ini cukup membawa kelegaan:

Tuhan itu tidak senang dengan manusia yang punya banyak rencana. Karena hanya Dia-lah yang boleh berencana. Iya, Dia memang egois.

Kurang lebih begitu. Peace out, ya @Allah.

 

Bubuhkan Komentar (Put a Thought)

