Memudakan Minuman Tetua

Koleksi pribadi
Koleksi pribadi

Disclaimer: umur penulis belum jua genap dua puluh tetapi saat bertemu sahabat lama—Jamu—seketika ia akan berteriak “Yihaaa!”

Sebagai pelanggan setia badan pegal, masuk angin, encok, dan penyakit sesepuh lainnya (tolong jangan hina saya), jamu barang tentu menjadi sahabat terdekat yang mengenal saya luar dan dalam. Sudah, diam. Minuman satu ini merupakan opsi utama untuk meredakan keluhan badan ketimbang harus pencet sendi sana-pencet sendi sini—pijet—even I don’t get what’s pijets are for. Namun belakangan, mencari jamu tidaklah semudah mencari jarum-yang-lubangnya-habis-dimasukan-gajah di tumpukan jerami (maafkan pula kemampuan dangkal saya dalam bermetafora). Di era sebuah tablet tidak lagi untuk ditelan ini, kehadiran bibik-bibik jamu di komplek perumahan sudah jarang sekali saya temukan. Ini sangat memengaruhi intensitas kencan saya dengan mas Jamu. Yaks.

Koleksi pribadi
Koleksi pribadi

Tetapi masa itu telah berlalu semenjak saya bertemu dengan “Jamu Godhog: The Truth of Natural Herb (Khas Jogja)”. Begitu bunyinya. Tempat ini begitu menarik perhatian saya ketika pertama kali melihatnya. Ini brilian. Memadupadankan kebiasaan nongkrong khas anak muda dengan kudapan tradisional, terutama jamu yang begitu menyegarkan. Berada di pinggir Jalan Palagan, Yogyakarta, lokasinya tidak begitu di luar jangkauan. Poin pentingnya, harga sangat bersahabat baik dengan kantong siapa saja edisi akhir bulan tahun kabisat. Segelas jamu paling mahal dibandrol Rp8.000 saja. Setidaknya seminggu sekali saya menyempatkan datang ke tempat ini.

Yogyakarta memang tidak pernah gagal memesona saya.

Sudahkah Anda minum jamu hari ini?

Saya sudah dua. True story.

Bubuhkan Komentar (Put a Thought)

