Daring Saya

(Ditulis 21 Februari, 2013.)

Koleksi Pribadi
Koleksi Pribadi

[Pembukaan; Daring Saya adalah versi terjemahan untuk frasa Me Tiles. Didapat dari sumber yang kurang tepercaya, mohon koreksinya.]

Saya bukanlah manusia yang begitu memuja dunia gadget raya seperti manusia banyak kerjaan lainnya, namun belakangan saya cukup nyaman menggunakan Windows Phone 7.8 milik saya. Biar saya jelaskan alasannya, berfokus ke integrasi Windows Phone terhadap social media lewat Me Tiles-nya.

Secara keseluruhan Me Tiles “hamil” fitur yang terbagi ke dalam tiga tab pokok; profile, notification, dan what’s new.

Koleksi Pribadi
Koleksi Pribadi

Profile sendiri merangkum fungsi yang sering sekali menyentuh keseharian saya. Di tab profile ini tersedia foto profil akun media sosial, post message, check in, dan set status. Semua berdaya guna di setiap porsinya. Sebagai manusia yang tiba-tiba pengin update status (iya, saya semenyedihkan itu), saya bisa langsung mem­-post­ semua feses pikiran saya tadi, seketika itu juga tanpa perlu ribet membuka app lain. Dan status tadi bisa saya post ke berbagai akun socmed sekaligus. Brilian. Beda lagi dengan fungsi check in, daya guna fitur ini akan sangat terlihat bagi manusia sesumbar tempat di mana ia sedang berada. Fungsi ini tidak begitu saya gunakan, tetapi mungkin bagi manusia eksis (eksis ini serapan dari kata apa kira-kira? Exist? #dibahas) lainnya, akan sangat terbantu dengan fitur ini. Sedang di mana dan dengan siapa? Check in … di akun facebook! Err. Sedang set status sendiri berguna untuk menyikronisasi fungsi chat di akun facebook. Jadi, setiap chat akan masuk layaknya sms. Berguna? Bergantung. Tetapi tenang saja, bisa diset offline.

Koleksi Pribadi
Koleksi Pribadi

Tab notification akan menyajikan berbagai pemberitahuan terhadap akun media sosial (ya iyalah). Mention, komentar di facebook, tagged foto, dsb, bisa ditanggapi saat itu juga tanpa perlu membuka aplikasi lain. Cukup efisien.

Koleksi Pribadi
Koleksi Pribadi

Dan tab terakhir, what’s new merangkum semua timeline pribadi dan wall facebook dan lain dan lain. Gunanya adalah … saya kehabisan ide. Mungkin buat menyadarkan diri sendiri agar setiap status yang ter-post tidak mengandung unsur yang dapat menyakiti perasaan orang lain. Buat yang bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk mengeluarkan makanan Anda tadi? Sekarang!

Secara keseluruhan, Windows Phone macam sangat akrab dengan dunia media sosial. Mungkin jika digambarkan dengan makanan, akan terlihat seperti ayam goreng dan saus sambal. Atau risoles dan mayones. Atau (sumpah ini terakhir) ikan asin dan sayur asam. Mohon maafkan wawasan kuliner saya.

[Penutupan; Setelah sekitar enam bulan menggunakan handset WP 7.8 saya merasa cukup puas. Sekian dan terima WP 8.]

Bubuhkan Komentar (Put a Thought)

