Persahabatan Sin, Cos, dan Tangen

(Ditulis 02 April, 2012.)

Mereka hidup di desa Trigonometri provinsi Dua IPA negara Matematika. Pada mulanya mereka berteman baik, sangat baik malah. Sampai seorang Hipparachus, matematikawan Yunani Kuno (Sumber; Wikipedia) yang mengompilasi tabel desa mereka. Hipparachus memisah sahabat-sahabat ini ke sisi yang berbeda. Maksudnya agar para siswa abad sembilanbelas sampai duapuluh satu dapat mengetahui panjang sisi segitiga jika satu sudut dan satu sisi lainnya diketahui.

Mereka sering bertemu alpha, beta, dan theta. Tanpa tau silsilah satu sama lain, mereka pasrah saja dijodoh-jodohkan begitu. Sekarang, Sin, Cos, dan Tangen semacam saling acuh-tak-acuh. Mereka diperbudak untuk menetap pada satu pakem tertentu. Jika berada di segitiga siku-siku, Sin akan menjadi DEMI (depan per miring), Cos akan menjadi SAMI (samping per miring), dan Tan akan menjadi DESA (depan per samping). Semuanya akan mengacu lagi pada alpha, beta, dan theta tadi. Dan masih banyak pakem-pakem lain yang harus mereka sandang.

Entah mengapa banyak teman saya yang membenci desa mereka. Para teman saya sangat benci untuk menghapal pakem-pakem tertentu mereka. Oh iya, manusia menyebut pakem tadi “rumus” kalau saya tidak salah. Hubungan saya sendiri dengan Sin, Cos, dan Tangen biasa-biasa saja. Saya akan  tidak suka jika mereka ini mulai merasuk ke desa-desa lain di negara Matematika. Seperti pepatah bilang, “Dia lagi, dia lagi”. Ya begitu saja.

Terlepas dari susahnya mengerti mereka, lebih sulit lagi menjadi mereka sebenarnya. Mereka tahu kalau mereka dibenci banyak manusia, tapi tetap saja mereka berlaku santai seperti tidak terjadi apa-apa. Salut, deh! Dan saya hanya ingin berdoa semoga Hipparachus dan para matematikawan lain yang ambil andil dalam pengembangan desa Trigonometri BISA hidup tenang di alam sana. Amin.

Salam, @ibnuhabibi. :)

Advertisements

One thought on “Persahabatan Sin, Cos, dan Tangen

Bubuhkan Komentar (Put a Thought)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s