“Kesepian ngga sih?”

(Ditulis 25 Februari, 2012.)

Pertanyaan ini sempat membuat saya diam. Benar-benar diam. Alkisah beberapa hari yang lalu, seorang teman bertanya, “Kesepian ngga sih?” setelah saya menjawab “Saya udah ngga punya orang tua.” karena sebelumnya dia bertanya “Orang tua kamu di mana?”. Hadeh. Mendengar pertanyaan berakar ini, saya mati kutu. Karena tidak tau harus menjawab apa. Daripada menjadi lebih lama terlihat bodoh di depan dia, langsung saja saya tersenyum dan bilang, “Buat PR ya..

Suasana kikuk inilah yang paling saya benci keberadaannya. Entah harus berapa kali lagi akan saya hadapi semua ini. Jujur, saya capek. Lagian tidak ada yang salah kok, memang sih saya sudah tidak lagi memiliki orang tua, terus, kenapa? Dipikir-pikir, ada enaknya kok menjadi ‘orphan’ semacam ini. Bukan bermaksud menyukuri kepergian kedua orang tua saya, tapi lebih kepada mengambil sudut pandang ‘lain’ dari semua rentetan kejadian yang sudah saya alami. Saya juga manusia biasa, terkadang ada saja rasa ‘iri’ yang bisa muncul. Saya ‘iri’ ketika seorang teman mendapat telpon dari orangtuanya, menanyakan kondisi kesehatan, sudahkah dia makan (sumpah, ini ngga penting abis.), atau hal-hal kecil lain yang sangat saya rindukan.

Lagian, masih banyak kok orang-orang yang siap mendengar keluh-kesah-apa-aja-dah saya. Tempat berbagi, bercanda, bahkan menjadi ‘WC Umumpemikiran-ngga-penting saya. Mereka inilah malaikat-malaikat yang Tuhan lupa untuk memberikan sayap. Saya menganggap kehadiran mereka sebagai jantung kehidupan. Merekalah yang membuat saya bisa tetap bergerak *mulai lebai maksimal.*. Jadi, lain kali, kalau ada yang tanya, “Kesepian ngga sih?” saya akan menjawab, “Engga.” pake titik, biar cepet abis. Ya udah, dadah.

2 thoughts on ““Kesepian ngga sih?”

Bubuhkan Komentar (Put a Thought)

